Jumat, 08 Maret 2019

Kenali 4 Penyebab obesitas yang Harus Diwaspadai


Obesitas merupakan salah satu permasalahan momok bagi sebagian besar orang. Kondisi obesitas sering dikaitkan dengan kondisi fisik seseorang. Kondisi obesitas tersebut tidak hanya menjadi faktor penentu bagi seseorang untuk dapat menjadi gemuk. Obesitas diidentikan dengan pola makan secara berlebihan. Maka dari itu pengetahuan tentang obesitas sangat perlu diketahui. Berikut penyebab obesitas yang harus diwaspadai.

1. Pola konsumsi fast food
Potensi obesitas seseorang dapat diketahui dari pola konsumsi fast food. Makanan fast food seperti es krim, steak, siomay, sosis, mie ayam, bakso, batagor, dan tempura masih menjadi trend di kalangan anak muda. 
Padahal, berdasarkan hasil penelitian bahwasanya perubahan pola dan frekuensi makanan fast food dapat menyebabkan risiko obesitas tinggi. Hal itu, dijadikan tolok ukur penyebab obesitas karena kandungan makanan fast food terdiri atas gula, tinggi lemak dan rendah serat.

2. Asupan sarapan pagi
Asupan sarapan pagi dapat dijadikan acuan penentuan obesitas. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko obesitas tinggi apabila seseorang tidak melakukan sarapan. 

Kebanyakan orang masih menganggap sarapan bukanlah hal penting. Padahal, tubuh membutuhkan asupan energi dalam melakukan aktivitas keseharian. Memang, sarapan ringan sangat dianjurkan seperti buah dan sayur. 

3. Riwayat keluarga
Riwayat keluarga memiliki peran sebagai penyebab obesitas seseorang. Berdasarkan hasil penelitian riwayat obesitas seseorang dapat dilihat dari kedua orang tuanya. Apabila kedua orang tuanya berstatus obesitas maka risiko besar dirinya akan obesitas. 

Kondisi obesitas tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup orang tua. Keluarga mewariskan kebiasaan pola makan yang berkontribusi obesitas.

4. Aktivitas Fisik
Penyebab obesitas juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Apabila seseorang kurang aktif dalam melakukan aktivitas maka kebutuhan kalorinya dalam jumlah sedikit. Seseorang yang cenderung pasif memiliki kecenderungan obesitas apabila asupan konsumsi makanan yang dimakan memiliki kadar tinggi lemak.

Demikianlah beberapa hal yang bisa menyebabkan obesitas. Apabila mendapati berat badan berlebihan dan mulai mengganggu aktivitas, mulailah untuk menjaga pola makan dan menerapkan pola hidup sehat. 


EmoticonEmoticon